Tuesday, May 31, 2011

disurvey dulu duonkk sebelum dibikin


saya suka bingung, akan kebijakan yang di buat oleh para petinggi negri, karena pada dasarnya kebijakan tuh seharus nya "bijak " donk ya? makanya dinamakan kebijakan. Dalam artian menyentuh semua pihak, tidak berat sebelah, dan harusnya..ya berguna.

Begitu juga dengan yang namanya peraturan, dari katanya aja kita ngerti bahwa itu dibuat untuk mengatur, agar kita lebih tertib dan teratur. Ya ga siy???

Saya nggak akan bicara tentang kebijakan ekonomi atau peraturan perundang undangan, isi kepala saya sepertinya tidak capable untuk itu, maklum nggak smart smart amat hehe. Seperti kenapa harga bensin naik de el el.

Saya cuman mau nulis yang simpel saja yang saya temui setiap hari. Yaitu...perihal peraturan di jalanan , yang "menurut" saya kurang pada tempatnya.

Contoh 1: lampu merah pas di bawah jembatan tugu pancoran, jika kita dari arah Gatot Subroto menuju Cawang, yang punya rumah daerah Kalibata atau Pasar minggu pasti akan belok kanan di bawah jembatan Pancoran. Nah waktu kita lurus dari Gatot Subroto, kita sudah di stop di lampu merah perempatan, yang waktunya cukup lama. Tapi ga papa namanya juga lampu merah. Namun lucunya, ketika lampu sudah hijau, dan kita boleh jalan melintasi bawah jembatan , untuk kemudian masuk ke jalan ke arah pasar Minggu, pas di bawah jembatan, ada lampu merah lagi, which means...baru jalan kira kira lima meter , udah ada lampu merah lagi. Akibatnya antrian panjang yg mau ke arah Pasar Minggu semakin mengular. Kenapa ya toh di setop lagi Pak???? Memang di perempatan situ ada 4 atau lebih lampu merah, namun sepanjang sepengetahuan saya, di setiap perempatan , lampu traffic light akan menyala searah jarum jam. Jadi setelah kami jalan pas lampu hijau, seharusnya lampu merah di sebelah kiri kami yang nyala, kenapa kok baru jalan kami lagi yang kena lampu merah????

Pertanyaan saya, sebelum membuat peraturan ini lampu merah di bawah jembatan, di survey dulu nggak? kalo yg dateng dari ono maju, yang ini setop, kalo yg ono di setop lagi, kayanya ini akan ngantre panjang...gitu ga dulu cyinn sebelum mantek ntu lampu? :P

Contoh 2 : Pintu masuk tol yang hanya beberapa meter dari perempatan lampu merah Palmerah - Petamburan. Kalo dari arah Gatot Subroto ke Taman Anggrek, pasti akan ngelewatin perempatan Palmerah yang dari senin ampe senin nya lagi muaceeetsss...Pertama macets karena angkot ke arah yg ngetem sembarangan (pastinye),trush (again) ketika kita yang mau ke arah petamburan di stop dulu ama lampu merah sebelum belok kanan, nah pas lampunya udah ijo....tepat di bawah jembatan, ehhh ada lampu merah lagi.....huahahahaha Gosh!!..baru juga lagi jalan dikit, ada lampu merah lagi, akibatnya antrean yg mau ke arah petamburan jadi uler, dan yang lurus mau ke arah Taman Anggrek nggak bisa jalan, karenaaa....ga jauh dari lampu merah ada pintu tol. Secara pintu tol di Indonesia Raya ini belum semuanya otomatis alias masih ketengan pake duit kecil, yaa lamaa di pintu tolnya, mending semua bawa uang pas, kalo ngasinya 100 rebu dan bayar tol nya cuman 6000, kan lama ngitung kembalian, belum lagi kalo Mba yg jaga tol lagi demam, pasti dia ga focus dan tambah lama hihihi...Jadilah perempatan bawah jembatan Palmerah itu Chaos tiap hari, karena numpuk ekor antrian yg mau masuk tol, ekor antrean yang mau ke kanan ke Petamburan, angkot ke Palmerah yg ngetem di Perempatan, atau ekor antrean yang mau muter balik lagi dari Gatot Subroto balik ke arah Semanggi....Slamet yeee...welcome to chaos.

Pertanyaan saya : sebelum naro Pintu Tol, di survey dulu ga cyin bahwa antrean masuk tol akan sampai ekor nya ke lampu merah dan nutup akses perempatan? hahahaha

Contoh 3 : Pemasangan separator busway, yang katanya kalo ada separator batu mobil ama motor ga boleh masuk, tapi kalo nggak ada separator batu, alias garis garis aja, mobil ama motor boleh masuk. Nah ini kasus saya lagi niy, pas di perempatan chaos terbaik yaitu Semanggi. Baik dari arah Taman Anggrek ke arah cawang, atau dari arah sebaliknya yati Cawang ke Taman Anggrek, pas di tengah tengah semanggi junction ada jalur busway, dan setengah nya pake separator batu, dan setengah nya tidak. Ketika tepat di tengah semanggi separator batu ngilang di ganti garis putus putus. Untuk kemudian niy separator batu muncul lagi beberapa meter berikut nya. Ketika jalanan macet, mobil atau motor boleh masuk ke jalur busway yg ada separator batu nya, dan ketika jalanan ga macet, maka mobil dan motor ga boleh masuk ke jalur separator batu yg cuman seiprit itu. Nah indikator apakah yg dipake polisi untuk mengatakan "ok sekarang macet" boleh lewat deh mobil ama motor.

Saya yang baru keluar dari pintu tol depan Komdak, lurus ke arah Senayan hendak pulang, saya lewat di jalur yg separator nya hanya pake garis, trus masuk ke jalur yang separator batu nya ada. Karena waktu itu saya pikir jalanan rame, dan saya selalu lihat tiap sore mobil dan motor dibiarkan masuk. Separator batu itu akan berakhir kira kira 7 meter di depan. Lalu tanpa separator lagi. ternyata eitsssss.....tiba tiba ada om pol muncul entah dari mana..tadaaa....kena loee...!!! saya pun ditilang, saya sudah jelaskan hari biasa saya selalu lihat ada mobil dan motor masuk dan dibiarkan, namun kenapa hari ini tidak? apa bedanya? Dan dia menjawab bleh masuk kalo jalanan lagi rame, saya bingung kan..lalu ini apa ga rame maksudnya???

Pertanyaan saya : Apa nggak di survey dulu niy sebelum bikin separator berbentuk garis?? Mikir nggak kalo itu akan membingungkan pengguna jalan? Kalo ga boleh masuk ya semua nggak boleh masuk..kapan saja..tak terkecuali (kecuali ambulance dan pemadam kebarakan duonkk). Jadinya ini seperti jebakan Batman, sangat menipu. hati hati deh yg lewat atas semanggi...

well segitulah laporan pandangan mata saya akan traffic minggu ini, have fun macet ya guysss...

No comments: