Monday, May 30, 2011

mau maju kok malah mundur

Terus terang, saya aga bingung...dulu rasanya waktu SMA ketika hand phone baru mulai bermunculan, yang kalo ga salah punya saya yg pertama adalah Nokia Pisang, begitulah saya biasa menyebut gadget pertama saya, karena bentuknya yang selain besar sekepalan tangan, plus juga aga bengkok..percis mirip pisang, tapi warna nya merah dengan antenna kecil nong nong di pojok kanan.

Seneng banget tuh bs punya ntu handphone, hasil dari kerja sendiri ngetikin skripsi buat anak kuliahan deket rumah. Kartunya simpati, karena memang baru simpati yang ada, dah gitu muahaalll banget perdananya, sekitar Rp 600.000. Dan tariff nelfon masih 1200 / menit....aujubileee....

Dijaman itu semua rasanya serba mudah, serba mudah maksud saya karena hand phone belum ada, saya juga ga tergantung dengan hand phone seperti sekarang. Janjian dengan sahabat mau maen oke oke aja tuh, ga ada yang telat, ga ada yang mangkir, walo komunikasi cuman sebatas verbal pulang sekolah, cukup dengan mengatakan " jam 5 yaaa tar sore depan KFC"...Jangan telatt...!!!

Atau kalo si sahabat blom muncul , saya cukup pencet nomer telfon rumah nya di box telfon umum "12345...call"...Hello Tante, si Cantik Simalakama udah jalan blom ya Tan? iya saya janjian di KFC niy..apa??? oww udah dari 15 menit yg lalu ya..oke deh..makasiy Tante..samlekum". Dan saya pun duduk manis lg nunggu si sahabat di depan KFC. Dengan pikiran ahh...mungkin si sahabat lagi di angkot, dan angkot nya macet,...

Mudah khan???? dan sama sekali saya nggak ada fikiran buruk akan dimananya si sahabat sekarang.

Namun sekarang, ketika semua orang sudah dengan gampang bs punya handphone, kok rasanya hidup lebih sulit yak?

Duduk menunggu sahabat sudah tidak nyaman lagi, karena saya pastia kan mengirimkan text sekali lima menit ke sang sahabat untuk menanyakan " duhhh...loe dah nyampe mana siy"....Pikiran buruk kadang ada, dimana saya aga sedikit suudzon bahwa jangan jangan dia malah baru jalan eww...

Dari sisi sang teman pun juga berubah, yg tadinya sebelum ada handphone...biasanya gelisah di dalam angkot dengan pikiran " duhh..temen gw dah dari tadi niy nunggu, pasti dia cape" dan dengan muka bersalah akan menemui saya sambil berkata " maaf ya cyinn, tadi gw keboboan. Namun sekarang karena karena adanya hadphone, plus saya yg kirim text terus, jadinya si temen malah bohong, dengan menjawab " iya niy lagi kena macet" padahal real nya....ahoyyy dia baru jalan dari rumah.

Bahkan ada lowh aplikasi di handphone yg bs menciptakan suara hujan, atau suara rame pasar, agar kita bisa bohong, kalo kita lagi dimanaaa gitu, dan bs berasalan "sorry ya cyin..ujan niy disini, jd gw aga telat dey" ...

Uffff...not nice..

Nah si handphone yg seharusnya kehadirannya membuat komunikasi lebih lancar, tapi in my own opinion, justru malah mengurangkan komunikasi saya dengan teman, in term of...berbicara langsung dari hati ke hati.

Ketika saya bertemu dengan sahabat, si sahabat sibuk dengan handphone nya, ketika saya jalan jalan dengan sahabat di mal, si sahabat masih ketak ketik sana sini dengan BB nya. Bahkan ketika kami makan. Si sahabat masih melotot ke BB nya waktu makanan kami datang. Dan setiap pembicaraan pasti terputus karena di sela bunyi BB yang (pastinya) dia nggak bs untuk acuhkan. Seperti tidak ada waktu lain untuk melihat pesan yang masuk.

Jujur, saya sangat tidak suka, sejak awal 2011 kemaren , saya sudah mulai jelas jelas mengatakan, "pliss donk, kalo lg jalan ama gw, stop dulu BB an napa? lets enjoy our time, karena kita ga ketemu seiap hari. "..

Saya sendiripun, jika memang ada telfon penting yg masuk ketika saya sedang denga teman, saya selalu permisi..."maaf ya, gw jawab telfon dulu sebentar"...

Saya bahkan melongo aneh ketika minggu kemaren saya lewat sushi groove , dan ada cowo dan cewe yang makan berdua, namun masing masing sibuk tak tik dengan hand phone masing masing. Lah kalo begitu apa gunanya kita ketemuan????Sempat terfikir sedikit, apa jangan jangan mereka saling BB an walo sudah duduk berhadapan???

Dunia mungkin memang sudah maju dan modern, bukan berarti dengan seperti itu kita malah diikat dengan adanya kemajuan. Dulu ga ada gadget everything is fine kok.

Ahh..mungkin saya saja yang kuno, saya akui saya masih tipe lama, yang memilih untuk berbicara langsung, karena saya suka melihat ekspresi sahabat saya ...daripada hanya emoticon dari dalam text message...

Saya hanya bisa manggut manggut....ini mungkin adalah kemajuan yang membuat kemunduran..hihihi

1 comment:

F for Funh said...

yup,,,sungguh sangat amat setuju (pdhl tdk ada pertanyaan setuju atau enggak..hihihi...)..
emang,,skrg org2 jd sedikit gila dan aneh dgn cara bersosialisasinya... aq jg paling males klo lg ngumpul sm tmn trus dy sbk dgn gadgetnya..huuuhh,,kyk kacang goreng..garinnnkkk...males..

salam kenal
-eF for Funh-